Batu Aventurine – Asal, Jenis, dan Perawatannya

Gambar Batu Aventurine 01Artikel dibawah ini membahas tentang asal, jenis, dan perawatan batu Aventurine. Jika Anda ingin mengetahui kisaran harga batu ini, Anda bisa melihatnya disini: Harga Batu Aventurine

Batu Aventurine adalah varietas dari Chalcedony Quartz yang ditandai oleh karakteristiknya yang tembus cahaya dan adanya inklusi metalik yang gemerlapan. Inklusi berkilauan ini biasanya terdiri dari Muscovite Mica, yang biasanya menghasilkan warna hijau sedang sampai gelap pada Aventurine dengan kemilau berwarna hijau atau biru keperakan. Inklusi metalik membuat Aventurine Quartz menjadi batu dengan kemilau yang unik, yang dikenal sebagai Aventurescence. Selain Muscovite Mica, mungkin juga ada inklusi Hematite atau Goethite, yang juga menghasilkan permainan warna yang menarik.

Warna batu Aventurine biasanya berkisar mulai dari hijau muda sampai tua. Warna Aventurine disebabkan karena adanya jejak elemen dari Fuchsite. Fuchsite adalah varietas dari Muscovite yang kaya akan Chromium. Aventurine sering kali disertai begitu banyak Fuchsite, yang secara teknis didefinisikan sebagai batu, bukan mineral. Meskipun secara teknis demikian, Aventurine masih dianggap tergolong Quartz oleh sebagian besar orang, dan menganggap Fuchsite hanyalah inklusi yang menyertainya.

Fenomena optik (Aventurescence) yang unik dari batu Aventurine berkisar mulai dari intensitas rendah sampai yang kuat. Tingkat intensitasnya tergantung pada kepadatan dan ukuran inklusi metalik. Warna tubuh dari Aventurine juga bervariasi tergantung pada inklusinya. Bahkan, sebagian besar Aventurine memiliki banded atau pita dan berwarna cerah dan gelap yang sangat jelas. Batu Aventurine memiliki tekstur kasar, tetapi menampilkan kemilau menarik ketika dipoles dengan baik. Orang kadang bingung antara Aventurine Quartz dengan Aventurine Feldspar. Feldspar berwarna oranye sampai merah dan memiliki level transparansi yang baik yang membuatnya mudah dibedakan. Aventurine Feldspar kini lebih sering disebut sebagai “Sunstone”, menggantikan nama “Aventurine” yang merujuk terutama pada varian Quartz.

Batu Aventurine awalnya ditemukan secara tidak disengaja oleh pekerja kaca dari Venesia pada abad ke-18. Nama “Aventurine” berasal dari kata Italia “A” dan “Ventura”, yang artinya “Secara Kebetulan”. Keluarga Miotti dari Italia menciptakan kaca Italia warna-warni yang dikenal sebagai “Goldstone”, yang mirip dengan Aventurine. Goldstone tidak sengaja dibuat ketika pengisian tembaga tumpah ke setumpuk kaca selama produksi. Ini adalah kelahiran Goldstone dan Aventurine buatan. Nama Muscovite Mica juga berasal dari jenis kaca, yang dikenal sebagai “Muscovy Glass”.

Gambar Batu Aventurine 02

Cara Mengidentifikasi dan Mengenali Batu Aventurine:

Batu Aventurine memiliki kekerasan 7 skala Mohs. Aventurine Quartz adalah salah satu dari banyak batu permata Quartz (Kuarsa) yang tersedia saat ini. Quartz adalah mineral kedua yang terbanyak di Bumi. Bahkan, sekitar 12% dari kerak bumi terdiri dari Quartz.

Ada beberapa permata yang mungkin muncul mirip dengan batu Aventurine, seperti Sunstone, Malachite, Variscite, Chrysoprase, Indian Jade, Chalcedony, dan Amazonite. Namun, sebagian besarnya mudah dibedakan melalui pengujian goresan, pemeriksaan warna atau inklusinya. Adanya fenomena Aventurescence (kemilau karena efek pantulan optik yang disebabkan oleh difraksi cahaya) pada batu Aventurine biasanya sudah cukup untuk bisa mengenali dan membedakannya dengan batu permata lainnya. Batu Malachite dan batu Giok hanya mirip penampilannya saja. Keduanya jauh lebih lunak daripada Aventurine Quartz. Sedangkan istilah “Indian Jade” atau “Giok India” sering salah (dan menyesatkan) diterapkan pada batu Aventurine.

Batu Aventurine paling sering dianggap sebagai Quartz yang berwarna hijau, padahal secara alami batu ini bisa berwarna coklat, kuning, merah, dan biru. Spesimen dengan inklusi Hematite biasanya berwarna coklat-merah atau coklat-emas, dan yang dengan inklusi Goethite biasanya akan berwarna coklat kehijauan. Inklusi Muscovite Mica adalah yang paling umum, menghasilkan kemilau berwarna hijau keperakan atau biru. Batu Aventurine biasanya memiliki sedikit banded/pita dengan warna terang dan gelap.

Tingkat kejelasan (Clarity) Aventurine Quartz bisa berkisar mulai dari sedikit tembus cahaya sampai buram. Jenis yang buram biasanya adalah karena adanya inklusi Fuchsite yang berlebihan. Kemilau Aventurine Quartz bisa terlihat membosankan atau bisa terlihat berkilau seperti kaca ketika dipotong dan dipoles dengan baik. Dalam bentuk kasarnya, teksturnya tampak kasar.

Batu Aventurine biasanya tidak melalui proses treatment apapun. Namun ada imitasi dan material buatannya yang terkadang digunakan untuk membuat Aventurine tiruan. Imitasi yang paling umum adalah “Italian Glass” atau “Kaca Italia”, yang juga dikenal sebagai Goldstone.

Gambar Batu Aventurine 03

Lokasi Penambangan Batu Aventurine:

Aventurine Quartz bisa ditemukan di banyak lokasi di seluruh dunia. Beberapa deposit yang paling populer antara lain di Brazil, Chile, India, Austria, Russia, dan Tanzania.

Penggunaannya Sebagai Perhiasan:

Batu Aventurine sangat populer digunakan dalam perhiasan, terutama karena kekerasan dan daya tahannya yang sangat baik. Karena batu ini sering kali buram tidak transparan, batu ini sering dipotong menjadi manik-manik dan dengan model potongan cabochon. Batu Aventurine sangat ideal untuk semua perhiasan model manik-manik atau untaian, seperti kalung, gelang, dan ukiran hias. Aventurine juga masih ideal digunakan pada cincin dan liontin.

Perawatan Batu Aventurine:

Batu Aventurine cukup mudah dibersihkan dengan menggunakan air hangat, sabun biasa, dan kain atau sikat yang lembut. Hindari penggunaan pembersih berbahan kimia keras. Hindari juga kontak yang terlalu lama dengna panas yang ekstrim yang bisa menyebabkan kerusakan pada batu permata Aventurine Anda.

Ketika menyimpan batu permata Aventurine, Simpan di dalam kotak perhiasan yang berlapis kain atau bungkus menggunakan kain yang lembut. Batu Aventurine harus disimpan secara terpisah dari batu permata jenis lainnya untuk mencegah terjadinya gesekan atau goresan. Lepas perhiasan permata ketika berolahraga, melakukan pekerjaan rumah tangga, atau ketika melakukan aktifitas berat lainnya.

Privacy - Contact - GIA (Gemological Institute of America)
Kami tidak menerima jual/beli batu permata, kami hanya menyediakan referensi kisaran harga saja
© 2015-2016 HargaBatu.com - Daftar Harga Aneka Macam Jenis Batu Mulia/Permata/Akik (Gemstones) (2,835 item + 83 artikel)