Batu Labradorite (Labrador) – Asal, Jenis, dan Perawatannya

Gambar Batu Labradorite (Labrador) 01Artikel dibawah ini membahas tentang asal, jenis, dan perawatan batu Labradorite (Labrador). Jika Anda ingin mengetahui kisaran harga batu ini, Anda bisa melihatnya disini: Harga Batu Labradorite (Labrador)

Batu Labradorite adalah batu permata (yang diberi nama Labrador, nama suatu tempat di Canada) yang ditemukan di Isle of Paul, dekat Nain pada tahun 1770. Setelah itu, ditemukan juga di tempat lain seperti Finland, Madagascar, dan Australia. Setelah penemuannya, batu Labradorite menjadi populer di kalangan misionaris. Labradorite adalah Plagioclase Feldspar (Plagioclase: bentuk feldspar yang terdiri dari aluminosilikat sodium dan atau calsium, biasanya pada batuan beku dan berwarna putih) yang menunjukkan fenomena optik Adularescence (kemilau putih susu atau kebiruan yang berasal dari bawah permukaan batu). Efek optik ini begitu unik pada Labradorite dan diberi nama khusus “Labradorescence”. Fenomena optik ini adalah hasil dari difraksi cahaya dari dalam lapisan batu. Bila dilihat pada sudut pengamatan tertentu, Labradorite menampilkan warna yang menarik yang berasal dari dalam batu. Labradorite yang paling bernilai tinggi adalah bisa menampilkan spektrum warna penuh dalam Labradorescence-nya. Labradorite yang tidak menunjukkan fenomena optik Labradorescence masih tetap terlihat indah karena adanya efek Aventurescence, yaitu kemilau karena efek pantulan optik yang disebabkan oleh difraksi cahaya.

Jenis batu Labradorite ada tiga: Spectrolite, Andesine Labradorite, dan Rainbow Moonstone (yang kadang-kadang disebut dengan nama dagangnya, “Madagascar Moonstone”). Seperti nama dagangnya, Rainbow Moonstone (Biduri Laut) berasal dari Madagascar dan memiliki efek Adularescence berwarna biru yang sangat intens. Rainbow Moonstone sebenarnya bukanlah batu Moonstone “sejati”; karena batu Moonstone yang benar adalah yang terdiri dari Potassium Orthoclase Feldspar, berat jenisnya rendah, dan kristalnya monoclinic. Spectrolite adalah Labradorite yang langka dari Finland, yang terkenal menampilkan permainan warna yang sangat cantik. Andesine Labradorite adalah sebutan untuk Labradorite yang telah melalui proses treatment untuk meningkatkan warnanya.

Gambar Batu Labradorite (Labrador) 02

Cara Mengidentifikasi dan Mengenali Batu Labradorite (Labrador):

Batu akik Labradorite memiliki rumus kimia (Ca,Na)(Al,Si)4O8 dan bisa dikenali melalui efek optik Labradorescence-nya, atau permainan warnanya. Permainan warnanya sangat menarik, sering muncul sebagai kemilau biru atau hijau, atau mencakup seluruh spektrum warna. Fenomena ini disebabkan oleh difraksi cahaya dari dalam lapisan batu. Labradorite juga bisa menunjukkan efek Adularescence, yang merupakan cahaya putih atau kebiruan yang terlihat berasal dari bawah permukaan batu. Batu Labradorite juga sering keliru diidentifikasi sebagai batu Moonstone. Namun, batu Moonstone memiliki berat jenis yang lebih rendah dan kristalnya monoclinic.

Warna batu Labradorite berkisar dari abu-abu sampai abu-abu-hitam dengan permainan warna yang berwarna-warni, atau spektral “Labradorescence”. Warna yang populer adalah royal blue dan juga yang berwarna-warni. Labradorite juga bisa tidak memiliki warna, oranye-merah, dan kecoklatan. Warna metalik pada Labradorite bisa mencakup semua spektrum warna, terutama pada jenis Spectrolite.

Kemilau metalik pada batu Labradorite disebabkan oleh difraksi cahaya pada lapisan batu. Ketika terkena cahaya dan dilihat pada sudut yang berbeda, kemilaunya bisa berwarna-warni. Spektral permainan warnanya adalah karena adanya inklusi kecil. Batu yang Transparent (tembus cahaya tanpa difusi berlebihan atau mungkin memiliki rutile berwarna hitam atau cokelat kemerah-merahan atau inklusi lainnya) sampai Translucent (tembus cahaya tapi tidak transparan) dengan beberapa inklusi biasanya berwarna biru. Biasanya, semakin jernih batunya, permainan warnanya semakin sedikit. Labradorite yang Translucent (tembus cahaya tapi tidak transparan) lebih diinginkan karena bisa menampilkan efek Labradorescence yang cantik. Yang tidak menunjukkan efek Labradorescence masih bisa terlihat indah karena ada efek lain Aventurescence, yaitu kemilau karena efek pantulan optik yang disebabkan oleh difraksi cahaya.

Tingkat kekerasan batu Labradorite berada pada kisaran 6 sampai 6,5 skala Mohs, dan biasanya tidak melalui proses treatment apapun untuk meningkatkan kualitasnya. Namun, batu Andesine Labradorite adalah nama yang diberikan untuk Labradorite yang warnanya telah ditingkatkan melalui proses treatment.

Gambar Batu Labradorite (Labrador) 03

Lokasi Penambangan Batu Labradorite (Labrador):

Batu Labradorite bisa ditemukan di Canada (Labrador, Newfoundland), Australia, Madagascar, Mexico, Norway, Russia, dan United States.

Penggunaannya Sebagai Perhiasan:

Batu Labradorite adalah batu serbaguna yang bisa dipotong model cabochon atau bentuk lainnya. Batu ini juga bisa dipotong facet atau dilubangi dan diatur dengan perak, emas, atau material lainnya. Batu Labradorite sering digunakan untuk membuat liontin dan cincin. Batu ini juga bisa digunakan untuk anting-anting atau perhiasan manik-manik, dengan dengan model untaian batu yang dipotong bulat-bulat. Tergantung dengan model potongan dan pengaturannya, batu ini cocok untuk pria dan wanita. Meskipun lebih lunak daripada Quartz, batu Labradorite tergolong tahan lama dan tidak mudah patah. Bahkan, batu permata Labradorite dari era Victoria masih tetap berkilau dan indah sampai saat ini, membuktikan keawetannya. Desain perhiasan model bezel bisa membantu melindungi batu Labradorite dari goresan benda keras.

Perawatan Batu Labradorite (Labrador):

Cara merawat batu Labradorite sebenarnya tidaklah susah. Meskipun batu Labradorite lebih lunak daripada Quartz, batu ini masih tergolong tahan lama karena sifatnya yang tidak rapuh. Untuk membersihkan batu Labradorite, cukup gunakan air sabun dan kain yang lembut. Pastikan untuk membilas dengan bersih untuk menghilangkan sisa-sisa residu sabun. Seperti kebanyakan batu permata lainnya, penggunaan pembersih ultrasonik dan pembersih uap (Steam Cleaner) sangat tidak dianjurkan. Selalu lepas perhiasan atau batu permata sebelum berolahraga, melakukan pekerjaan rumah tangga, atau ketika terlibat aktivitas fisik yang berat lainnya. Batu Labradorite dapat dengan mudah tergores oleh benda keras atau batu permata yang lebih keras darinya, sehingga harus disimpan berjauhan dari batu permata lainnya. Cara terbaik menyimpannya adalah membungkusnya dengan kain yang lembut atau meletakkannya di dalam kotak perhiasan yang berlapis kain.

Privacy - Contact - GIA (Gemological Institute of America)
Kami tidak menerima jual/beli batu permata, kami hanya menyediakan referensi kisaran harga saja
© 2015-2016 HargaBatu.com - Daftar Harga Aneka Macam Jenis Batu Mulia/Permata/Akik (Gemstones) (2,835 item + 83 artikel)