Batu Merah Delima (Ruby) – Asal, Jenis, dan Perawatannya

Gambar Batu Merah Delima (Ruby) 01Artikel dibawah ini membahas tentang asal, jenis, dan perawatan batu Merah Delima (Ruby). Jika Anda ingin mengetahui kisaran harga batu ini, Anda bisa melihatnya disini: Harga Batu Merah Delima (Ruby)

Batu Merah Delima adalah nama lokal Indonesia untuk batu permata jenis Ruby. Batu ini adalah salah satu batu permata berwarna yang berharga tinggi. Pada kenyataannya, batu ini bisa memiliki harga yang lebih tinggi daripada Berlian (Diamond) yang berukuran sama. Harga yang tinggi ini telah berlaku selama berabad-abad karena tingkat kekerasannya yang mencapai 9 skala Mohs, dan warna merah berkilaunya yang seperti kaca. Batu Merah Delima adalah varietas dari Corundum yang mendapatkan warna merah dari Kromium. Corundum yang berwarna selain merah diklasifikasikan sebagai batu Sapphire, atau dengan kata lain, batu Merah Delima adalah batu Sapphire yang berwarna merah. Dalam bentuk murninya, Corundum sendiri tidak memiliki warna.

Gambar Batu Merah Delima (Ruby) 02

Cara Mengidentifikasi dan Mengenali Batu Merah Delima (Ruby):

Batu Merah Delima bisa dikenali melalui rumus kimianya Al2O3:Cr (Aluminium Oxide dengan Chromium), tingkat kekerasannya yang berada pada kisaran 9 skala Mohs, dan warnanya yang cerah. Batu yang asli alami bisa dibedakan dengan yang sintetis atau buatan melalui inklusinya. Yang alami biasanya menunjukkan inklusi, sedangkan yang sintetis cenderung tidak ada inklusi atau terlihat bening transparan begitu saja ketika dilihat dengan mata.

Warna adalah hal yang sangat penting bagi batu ini. Yang paling banyak dicari adalah yang berwarna merah alami yang kuat, sampai merah dengan aksen biru. Jika warnanya terlalu muda, biasanya akan diklasifikasikan sebagai Pink Sapphire (batu Safir berwarna merah muda), namun, beberapa area penambangan ada yang masih menganggapnya sebagai batu Merah Delima.

Batu Merah Delima yang memiliki inklusi adalah hal wajar yang masih ditoleransi karena menandakan bahwa batu tersebut asli bentukan alam. Namun, ketika inklusinya terlalu banyak hingga mengurangi transparansi atau kebeningannya, itu akan mengurangi harganya. Memang ada beberapa batu yang benar-benar bening (tidak ada inklusi atau sangat minim) ketika dilihat dengan mata, tapi harganya bisa sangat mahal karena kelangkaannya tersebut.

Karena masih anggota dari kelompok Corundum, batu Merah Delima sangat berkaitan dengan batu Safir (Sapphire) dan membuatnya memiliki sifat yang sama, seperti tingkat kekerasan, komposisi dan pembiasan ganda, yang sama dengan Sapphire.

Batu Merah Delima bisa mirip dengan batu permata berwarna merah lainnya seperti Almandine Garnet dan Pyrope Garnet. Batu Spinel, Topaz, Tourmaline dan Zircon terkadang juga bisa salah dikenali sebagai Merah Delima.

Gambar Batu Merah Delima (Ruby) 03

Lokasi Tambang Batu Merah Delima (Ruby):

Sumber penambangan batu Merah Delima yang paling terkenal adalah di Myanmar (Burma), Thailand, Sri Lanka, dan Tanzania. Sedangkan tempat lainnya adalah Afghanistan, Australia, Brazil, India, Kamboja, Kenya, Madagaskar, Malawi, Mozambik, Nepal, Pakistan, Zimbabwe, Tajikistan, Amerika Serikat dan Vietnam.

Penggunaannya Sebagai Perhiasan:

Batu Merah Delima telah digunakan sebagai batu permata selama berabad-abad, dan bisa ditemukan dalam berbagai model, mulai dari perhiasan India sampai Art Deco dan perhiasan kontemporer. Merah Delima adalah batu yang sangat kuat dan tahan lama yang bisa dipakai sehari-hari sebagai cincin, anting-anting, kalung dan sebagainya. Dalam perhiasan India, Merah Delima sering dipadukan dengan batu Zamrud dan Berlian. Penggunaan material emas bisa memberikan kontras yang mencolok dengan warna merahnya Merah Delima. Perhiasan modern ada yang menggunakan material emas putih, perak, paladium, dan platinum, sedangkan perhiasan tradisional cenderung hanya menggunakan emas saja. Batu yang kecil-kecil bisa di-desain rapat saling berdekatan menciptakan model yang rumit seperti manik-manik.

Perawatan Batu Merah Delima (Ruby):

Batu Merah Delima tergolong kuat dan tahan lama, sehingga batu ini tidak memerlukan perawatan khusus. Untuk membersihkannya, cukup gunakan air hangat, sabun, dan kain yang lembut. Batu yang menggunakan Treatment Fracture Filled atau Diffused hanya boleh dibersihkan dengan menggunakan kain basah. Seperti kebanyakan batu permata lainnya, membersihkan dengan pembersih ultrasonik dan pembersih uap (Steam Cleaner) tidak dianjurkan. Jauhkan batu dari zat asam dan simpan terpisah dari batu permata lainnya untuk menghindari goresan. Cara menyimpan yang terbaik adalah membungkus batu permata dengan kain yang lembut atau menempatkannya kedalam kotak perhiasan yang berlapis kain.

Privacy - Contact - GIA (Gemological Institute of America)
Kami tidak menerima jual/beli batu permata, kami hanya menyediakan referensi kisaran harga saja
© 2015-2016 HargaBatu.com - Daftar Harga Aneka Macam Jenis Batu Mulia/Permata/Akik (Gemstones) (2,835 item + 83 artikel)