Batu Moonstone (Biduri Bulan) – Asal, Jenis, dan Perawatannya

Gambar Batu Moonstone (Biduri Bulan) 01Artikel dibawah ini membahas tentang asal, jenis, dan perawatan batu Moonstone (Biduri Bulan). Jika Anda ingin mengetahui kisaran harga batu ini, Anda bisa melihatnya disini: Harga Batu Moonstone (Biduri Bulan)

Batu Moonstone (di Indonesia disebut juga dengan nama batu Biduri Bulan) adalah batu permata yang berasal dari Orthoclase Feldspar, sebuah Potassium Aluminum Silicate. Moonstone dikenal memiliki kemilau istimewa pada kondisi pencahayaan tertentu, dan kemilaunya tersebut menjadikan batu ini sebagai salah satu batu permata yang paling populer yang ada saat ini. Fenomena kemilau putih kebiruannya yang menyerupai bulan pada batu ini menjelaskan darimana asal nama “Moonstone”. Gemologists menyebut fenomena kilauan ini sebagai “Adularescence”.

Efek optik Adularescence adalah hasil dari pola struktur yang unik dari batu Moonstone tersebut. Inklusi kecil dari Albite (Sodium Aluminum Silicate) bercampur dengan lapisan batuan induk dari Orthoclase (Potassium Aluminum Silicate). Lapisan Feldspar membentuk struktur pipih (bersisik) menyebabkan gangguan cahaya ketika memasuki batu. Lapisan tipis silikat cenderung membiaskan warna dan kemilau yang lebih menarik, sedangkan lapisan tebal silikat menghasilkan kemilau putih atau tak berwarna yang kurang menarik. Ketika cahaya memasuki batu, cahaya tersebut dibiaskan dan tersebar, menghasilkan permainan warna dan kemilau yang sangat unik dan menarik. Aura cahayanya bersinar berasal dari dalam atau dari bawah permukaan batu.

Gambar Batu Moonstone (Biduri Bulan) 02

Cara Mengidentifikasi dan Mengenali Batu Moonstone (Biduri Bulan):

Batu Moonstone termasuk ke dalam kelompok besar mineral Feldspar, mineral yang paling berlimpah di bumi. Feldspar sendiri membentuk sekitar 60% dari kerak bumi, yang berarti ada banyak batu permata dan mineral yang berkaitan dengan Moonstone. Feldspar biasanya diklasifikasikan menjadi dua kelompok utama batu permata: Potassium Feldspar dan Plagioclase Feldspar. Semua jenis Moonstone adalah Potassium Feldspar.

Batu Moonstone bisa dikenali melalui efek optik Adularescence-nya, yaitu kemilau putih susu atau kebiruan yang berasal dari bawah permukaan batu. Batu permata lain yang penampilannya mirip tidak memiliki fenomena optik ini sehingga membedakannya dengan Moonstone cukup mudah. Moonstone adalah Potassium Aluminum Silicate dan dapat dengan mudah diidentifikasi melalui komposisinya. Material yang sama lainnya, seperti batu Labradorite, sebenarnya adalah Plagioclase Feldspar, sedangkan Moonstone berdasarkan komposisinya adalah Potassium Feldspar. Pengujian kekerasan adalah salah satu metode yang paling mudah untuk membedakan Moonstone dengan batu permata lainnya. Batu permata lain yang sejenis, seperti Opal, Chalcedony, atau Ammolite, secara signifikan adalah lebih keras atau lebih lunak daripada Moonstone. Moonstone yang berkualitas bisa menunjukkan kedalaman warna “tiga dimensi” yang sangat luar biasa, yang tidak bisa ditiru oleh batu permata jenis lainnya, membuat Moonstone sangat unik dan mudah dibedakan.

Batu Moonstone biasanya tidak berwarna, tetapi bisa juga memiliki warna seperti abu-abu, coklat mocha, kuning, oranye, hijau, merah muda, biru, dan putih. Paling sering menampilkan kemilau putih atau putih kebiruan, tetapi warna kemilau lain juga bisa terjadi, seperti perak dan biru-oranye. Moonstone asal Sri Lanka dengan kemilau biru pucat pada tubuhnya yang mendekati transparan dianggap sebagai yang paling berharga. Moonstone asal India menunjukkan kemilau dan warna seperti awan juga sangat berharga, terutama yang berwarna coklat krem, hijau, oranye atau coklat biasa. Biru, peach, smoke, champagne, hitam ,dan merah adalah warna-warna langka.

Batu Moonstone biasanya memiliki Clarity atau tingkat kejernihan Translucent (tembus cahaya tapi tidak transparan). Spesimen yang Transparent (tembus cahaya tanpa difusi berlebihan atau mungkin memiliki rutile berwarna hitam atau cokelat kemerah-merahan atau inklusi lainnya) sangat langka dan jarang pernah ada, dan merupakan yang paling berharga. Moonstone memiliki kemilau seperti kaca atau seperti mutiara ketika dipotong dan dipoles.

Beberapa batu Moonstone juga bisa menunjukkan efek Chatoyancy (mata kucing atau Cat’s Eye), yang dalam perdagangan dikenal sebagai “Cat’s Eye Moonstone”. Varietas langka lainnya bisa juga memiliki dengan efek Asterism (Star), yang disebut dengan “Star Moonstone”. Cat’s Eye Moonstone dan Star Moonstone ini sangat langka dan lebih diinginkan daripada yang biasa.

Batu Moonstone biasanya tidak melalui proses treatment apapun. Tapi, telah ditemukan bahwa Moonstone yang berwarna biru cerah telah “dilapisi” atau telah melalui treatment Coated, yaitu batu telah dilapisi dengan lapisan film yang sangat tipis (mungkin hanya beberapa mikron tebalnya). Treatment ini biasanya digunakan untuk menghasilkan efek warna yang menarik seperti yang ada pada batu Mystic Quartz, Mystic Topaz, dan Azotic Topaz.

Gambar Batu Moonstone (Biduri Bulan) 03

Lokasi Penambangan Batu Moonstone (Biduri Bulan):

Deposit batu Moonstone yang paling penting adalah di Sri Lanka dan India. Sumber penting lainnya termasuk juga Australia, Brazil, Germany, India, Myanmar (Burma), Madagascar, Mexico, Norway, Switzerland, Tanzania, dan United States. Batu Moonstone asal Sri Lanka terkenal berwarna biru menarik, tapi yang berwarna biru ini semakin langka. India terkenal menghasilkan “Rainbow Moonstone” (di Indonesia disebut dengan nama batu Biduri Laut) yang berkualitas. Pegunungan Adula di Swiss memiliki tambang batu Moonstone yang paling historis.

Penggunaannya Sebagai Perhiasan:

Meskipun batu Moonstone ini tidak sekeras kebanyakan batu permata lainnya (hanya memiliki kekerasan 6 sampai 6,5 skala Mohs), batu ini masih tetap menjadi salah satu batu permata yang paling populer untuk perhiasan. Bahkan, batu Moonstone telah dipakai sebagai perhiasan sejak berabad-abad yang lalu, seperti yang dilakukan orang-orang Yunani dan Romawi kuno.

Perhiasan batu Moonstone penggunaannya harus dibatasi, seperti anting-anting, liontin, pin, dan bros. Batu Moonstone juga bisa dipakai sebagai cincin, tapi harus ekstra hati-hati untuk mencegah goresan dan gesekan. Mengenakan cincin batu Moonstone harus dibatasi hanya sesekali saja karena tidak cukup tahan lama untuk digunakan sehari-hari. Beberapa batu Moonstone yang transparan bisa dipotong facet karena sangat bagus untuk pengaturan terbuka seperti prong. Ketika dipotong cabochon, desainnya bisa menggunakan pengaturan dengan gaya tertutup. Batu Moonstone sangat sensitif terhadap tekanan, sehingga harus benar-benar diperhatikan ketika mengatur dan membersihkan batu.

Perawatan Batu Moonstone (Biduri Bulan):

Batu Moonstone tidak terlalu keras dibandingkan dengan batu permata lainnya, seperti Quartz (Kuarsa), Tourmaline, atau batu Safir (Sapphire). Karena debu biasa saja sering kali mengandung Quartz, mengelap atau menyeka debu dari batu Moonstone Anda bisa mengakibatkan goresan pada permukaannya dan mengurangi kemilau polesannya. Oleh karena itu, kehati-hatian dalam hal perawatan harus dilakukan untuk mempertahankan keindahan batu permata Anda.

Jangan menggunakan pembersih berbahan kimia keras untuk membersihkan batu permata Anda. Hindari menggunakan pembersih ultrasonik atau pembersih uap (Steam Cleaner). Cukup gunakan sabun biasa dan kain yang lembut untuk membersihkannya. Bilas bersih dengan air hangat untuk menghilangkan sisa-sisa residu sabun. Batu Moonstone sensitif terhadap tekanan, jadi hindari pengaturan perhiasan yang melibatkan tekanan. Selalu lepas perhiasan sebelum berolahraga, melakukan pekerjaan rumah tangga, atau ketika beraktivitas berat lainnya. Simpan secara terpisah dan berjauhan dari jenis permata lainnya dengan cara membungkusnya menggunakan kain yang lembut, atau letakkan di dalam kotak perhiasan yang berlapis kain.

Privacy - Contact - GIA (Gemological Institute of America)
Kami tidak menerima jual/beli batu permata, kami hanya menyediakan referensi kisaran harga saja
© 2015-2016 HargaBatu.com - Daftar Harga Aneka Macam Jenis Batu Mulia/Permata/Akik (Gemstones) (2,835 item + 83 artikel)