Batu Prehnite – Asal, Jenis, dan Perawatannya

Gambar Batu Prehnite 01Artikel dibawah ini membahas tentang asal, jenis, dan perawatan batu Prehnite. Jika Anda ingin mengetahui kisaran harga batu ini, Anda bisa melihatnya disini: Harga Batu Prehnite

Batu Prehnite adalah mineral pertama yang namanya berasal dari nama orang. Batu ini juga merupakan mineral pertama yang berasal dari Afrika Selatan, jauh sebelum Afrika Selatan menjadi salah satu sumber yang paling penting untuk permata berharga lainnya. Batu ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1788 dan dinamai berdasarkan nama penemunya, Kolonel Hendrik von Prehn (1733-1785), seorang mineralog asal Belanda dan Gubernur pertama koloni Cape of Good Hope.

Sampai saat ini, batu Prehnite adalah batu permata kolektor yang langka, tetapi deposit baru yang telah ditemukan sekarang telah membuatnya lebih mudah didapatkan. Di China, batu Prehnite kadang-kadang disebut sebagai “Grape Jade” atau “Giok Anggur” karena formasi nodul khasnya yang sering menyerupai buah anggur. Warnanya biasanya hijau apel, tetapi bisa juga berwarna langka seperti kuning, oranye, dan biru.

Gambar Batu Prehnite 02

Cara Mengidentifikasi dan Mengenali Batu Prehnite:

Batu Prehnite biasanya semi-transparan sampai Translucent (tembus cahaya tapi tidak transparan) dengan rumus kimia Ca2Al(AlSi3O10)(OH)2. Batu Prehnite dianggap cukup keras dengan tingkat kekerasan yang mencapai 6 sampai 6,5 skala Mohs. Batu ini memiliki berat jenis sekitar 2,82 sampai 2,94 dan indeks bias 1,611 sampai 1,669. Prehnite ada di kelas kristal Orthorhombic (memiliki tiga sumbu yang tidak sama di sudut kanannya), biasanya ditemukan dalam bentuk agregat seperti anggur, dan jarang ditemukan sebagai kristal tabular dan piramida. Ketika dipanaskan, kristal Prehnite kadang-kadang bisa mengeluarkan air. Memiliki kecenderungan rapuh dan patah yang tidak rata.

Batu Prehnite memiliki warna hijau yang berkisar mulai dari hijau pucat sampai hijau tua dan kuning sampai coklat-hijau. Batu Prehnite juga bisa berwarna abu-abu, biru, oranye, putih dan bening tak berwarna. Warna hijau halus seperti buah apel adalah yang paling diinginkan, sementara biru, merah muda, putih bening tidak berwarna, dan oranye dianggap sebagai yang langka dan sangat dicari oleh para kolektor mineral.

Batu Prehnite biasanya Translucent (tembus cahaya tapi tidak transparan) dan sangat jarang yang transparan. Batu ini sering ditemukan dalam ukuran yang sangat besar. Batu yang transparan dan yang bisa dipotong facet biasanya hanya ditemukan dalam ukuran yang kecil. Ketika dipoles, batu Prehnite memiliki kemilau seperti kaca atau berkilau halus seperti mutiara.

Batu Prehnite sering dipoles dan dipotong model cabochon, tapi batu yang transparan lebih sering dipotong facet. Batu Prehnite juga bisa dibuat manik-manik dan merupakan batu hias yang populer digunakan sebagai ukiran dekoratif. Bentuk potongan yang paling populer adalah oval, persegi, dan bulat. Bentuk-bentuk unik kurang begitu populer, tetapi masih bisa ditemukan, seperti bentuk hati, segitiga, dan bentuk yang seperti buah pir. Cat’s Eye Prehnite atau Prehnite yang memiliki efek mata kucing juga ada tapi sangat langka; batu yang seperti ini biasanya dipotong cabochon untuk memaksimalkan Chatoyancy atau efek mata kucingnya.

Batu Prehnite umumnya tidak pernah melalui proses treatment apapun untuk meningkatkan warna atau kualitasnya.

Tidak ada batu permata lainnya yang terkait dengan Prehnite, tetapi ada beberapa batu permata yang memiliki tampilan yang sangat mirip (warna dan kemilaunya) dan sering keliru dikenali sebagai Prehnite, seperti Jade (Giok), Apatite, Serpentine, Brazilianite, Periclase, Chrysoprase, Peridot, Smithsonite, dan Hemimorphite.

Gambar Batu Prehnite 03

Lokasi Penambangan Batu Prehnite:

Deposit utama batu Prehnite bersumber dari beberapa lokasi di seluruh dunia. Beberapa deposit paling penting ada di Africa (Namibia, South Africa), Australia (Western Australia, Northern Territory), Canada, China, Germany, Scotland, France, dan United States (New Jersey, Pennsylvania, dan Virginia).

Yang langka, yang berwarna oranye telah ditemukan di Afrika Selatan. Quebec, Canada juga dikenal menghasilkan Prehnite unik yang sedikit berbeda, dengan kristal individu.

Penggunaannya Sebagai Perhiasan:

Batu Prehnite adalah salah satu permata langka dan juga kurang begitu dikenal, hanya populer di kalangan kolektor. Meskipun penggunaannya sebagai batu permata perhiasan tidak umum, semakin hari batu ini menjadi semakin populer, terutama karena adanya penemuan baru dan keterjangkauannya. Batu ini cukup keras, hanya sedikit lebih lunak daripada Quartz (Kuarsa) dan memiliki kecenderungan rapuh dengan Cleavage (kecenderungan kristal untuk pecah terbelah mengikuti struktur kristalnya) yang baik, tapi dengan beberapa pengaturan dan perawatan yang tepat, Prehnite bisa digunakan untuk hampir semua jenis perhiasan. Namun, sepertinya sangat jarang batu Prehnite ditemukan di toko-toko perhiasan pada umumnya.

Karena kerapuhannya, batu Prehnite paling cocok untuk anting-anting, liontin, pin, atau bros. Model potongan cabochon yang Translucent (tembus cahaya tapi tidak transparan) bisa ditemukan dalam ukuran besar dan dengan harga yang sangat terjangkau, membuatnya sempurna untuk perhiasan dengan gaya desain yang “berani”. Batu Prehnite juga bisa dipakai di cincin, tapi cincin Prehnite harus dibatasi pengaturannya dan pemakaiannya sesekali saja. Prehnite dengan model potongan facet sangat ideal untuk pengaturan terbuka yang memungkinkan tereksposnya dengan cahaya untuk memaksimalkan keindahannya. Untuk yang Cat’s Eye Prehnite atau yang memiliki efek mata kucing bisa dipotong cabochon dan digunakan pada cincin.

Perawatan Batu Prehnite:

Batu Prehnite masih dianggap keras, tapi lebih lunak daripada kebanyakan batu permata perhiasan populer lainnya, seperti Quartz (Kuarsa), Sapphire (Safir), dan Spinel. Hindari penggunaan pembersih berbahan kimia keras dan hindari terkena penyemprotan parfum dan hairspray ke Prehnite Anda. Seperti kebanyakan batu permata berwarna lainnya, hindari penggunaan pembersih ultrasonik dan pembersih uap (Steam Cleaner). Anda bisa mengusap batu menggunakan kain yang lembut menggunakan air hangat dan sabun biasa untuk membersihkannya. Pastikan untuk membilas dengan bersih untuk menghilangkan sisa-sisa residu sabun.

Selalu lepas perhiasan permata sebelum berolahraga, melakukan pekerjaan rumah tangga, atau ketika melakukan aktivitas berat lainnya. Simpan batu permata Prehnite terpisah dan berjauhan dari permata dan perhiasan lainnya. Simpan dengan cara membungkusnya menggunakan kain yang lembut dan letakkan di dalam kotak perhiasan yang berlapis kain untuk memberikan perlindungan ekstra.

Privacy - Contact - GIA (Gemological Institute of America)
Kami tidak menerima jual/beli batu permata, kami hanya menyediakan referensi kisaran harga saja
© 2015-2016 HargaBatu.com - Daftar Harga Aneka Macam Jenis Batu Mulia/Permata/Akik (Gemstones) (2,835 item + 83 artikel)