Batu Rainbow Moonstone (Biduri Laut) – Asal, Jenis, dan Perawatannya

Gambar Batu Rainbow Moonstone (Biduri Laut) 01Artikel dibawah ini membahas tentang asal, jenis, dan perawatan batu Rainbow Moonstone (Biduri Laut). Jika Anda ingin mengetahui kisaran harga batu ini, Anda bisa melihatnya disini: Harga Batu Rainbow Moonstone (Biduri Laut)

Batu Rainbow Moonstone adalah nama yang diberikan untuk varietas Labradorite yang memiliki fenomena optik Adularescence (kemilau putih susu atau kebiruan yang berasal dari bawah permukaan batu permata) pada warna tubuhnya yang cerah. Rainbow Moonstone adalah anggota dari kelompok Feldspar, yang membentuk sekitar 60% dari kerak bumi.

Batu Moonstone yang “sebenarnya” adalah Orthoclase (Potassium Feldspar), sedang Labradorite (dalam hal ini Rainbow Moonstone) adalah Plagioclase Feldspar. Kedua batu Moonstone ini saling terkait, namun secara teknis materialnya tidaklah sama. Alasan mengapa batu Labradorite ini disebut Rainbow Moonstone adalah karena adanya fenomena Adularescence, yang menurut beberapa orang merupakan nama yang layak untuk disandangnya. Bahkan, beberapa orang lebih memilih Rainbow Moonstone daripada batu Moonstone biasa. Di Indonesia, batu Rainbow Moonstone juga disebut dengan nama “Biduri Laut”, sedangkan batu Moonstone disebut dengan “Biduri Bulan”.

Bangsa Romawi mengagumi batu Moonstone dan percaya bahwa batu tersebut berasal dari sinar bulan yang telah menjadi padat. Batu Moonstone telah digunakan sebagai perhiasan selama ratusan tahun. Mereka dikagumi oleh orang Romawi dan Yunani kuno, yang kemudian digunakan pada perhiasan Art Nouveau. Batu Moonstone kemudian menjadi populer selama gerakan hippie pada tahun 1960-an dan gerakan spiritual kontemporer New Age.

Gambar Batu Rainbow Moonstone (Biduri Laut) 02

Cara Mengidentifikasi dan Mengenali Batu Rainbow Moonstone (Biduri Laut):

Batu Rainbow moonstone bisa dikenali melalui sifat Adularescence-nya, yang terlihat sebagai kemilau yang muncul dari dalam permukaan batu. Batu ini bisa dibedakan dari Orthoclase Moonstone melalui indeks bias dan berat jenisnya yang tinggi.

Batu Rainbow Moonstone biasanya tak berwarna (putih bening) dengan kemilau berwarna biru atau pelangi. Jika dipoles dengan baik, batu ini akan memiliki kilau seperti kaca atau berkilau seperti mutiara.

Batu Rainbow Moonstone biasanya memiliki banyak inklusi, terutama pada batu yang berukuran besar. Namun, karena inklusi (kemilau pelangi) inilah alasan mengapa batu ini terlihat menarik. Ketika batu ini memiliki lebih sedikit inklusi, warnanya juga akan lebih sedikit, sehingga batu yang bening dan jernih akan cenderung memiliki kemilau berwarna biru, bukannya warna pelangi.

Batu Rainbow Moonstone biasanya tidak melalui proses treatment apapun untuk meningkatkan warna ataupun kemilaunya.

Sebagai anggota dari kelompok Feldspar, batu Rainbow Moonstone terkait dengan Feldspar lainnya seperti Orthoclase (termasuk Moonstone), Amazonite, Labradorite, dan Sunstone. Penampilan Rainbow Moonstone juga bisa mirip dengan Chalcedony.

Gambar Batu Rainbow Moonstone (Biduri Laut) 03

Lokasi Penambangan Batu Rainbow Moonstone (Biduri Laut):

Deposit batu Rainbow Moonstone bisa ditemukan di Canada, Australia, India, Madagascar, Mexico, Myanmar (Burma), Russia, Sri Lanka (Ceylon), dan United States.

Penggunaannya Sebagai Perhiasan:

Perhiasan batu Rainbow Moonstone terlihat mencolok karena kilau misterius yang muncul berasal dari dalam batu. Batu ini biasanya dilubangi dan dililit tali untuk perhiasan liontin, gelang, dan anting-anting. Baik potongan model cabochon ataupun facet, batu ini bisa dipadukan dengan perhiasan emas dan perak untuk menciptakan desain bergaya kuno ataupun modern. Selain itu, Rainbow Moonstone juga bisa digabungkan dengan batu permata berwarna atau bening lainnya untuk menciptakan kombinasi warna dan tekstur yang menarik.

Perawatan Batu Rainbow Moonstone (Biduri Laut):

Batu Rainbow Moonstone cukup tahan lama, tapi tetap harus dirawat dengan benar untuk menjaga penampilannya yang indah. Karena debu biasa saja banyak mengandung Kuarsa (Quartz), yang memiliki kekerasan 7 skala Mohs, hanya menyeka debu dari Rainbow Moonstone saja bisa menyebabkan goresan. Untuk membersihkan batu Anda, cukup gunakan air, sabun biasa, dan kain yang lembut. Pastikan untuk membilas dengan bersih untuk menghilangkan sisa-sisa residu sabun.

Selalu lepas perhiasan batu permata sebelum berolahraga, melakukan pekerjan rumah tangga, atau ketika terlibat aktivitas berat lainnya. Simpan Rainbow Moonstone berjauhan dari batu permata lainnya untuk menghindari gesekan dan goresan. Simpan dengan cara membungkusnya dengan kain yang lembut atau letakkan di dalam kotak perhiasan yang berlapis kain.

Privacy - Contact - GIA (Gemological Institute of America)
Kami tidak menerima jual/beli batu permata, kami hanya menyediakan referensi kisaran harga saja
© 2015-2016 HargaBatu.com - Daftar Harga Aneka Macam Jenis Batu Mulia/Permata/Akik (Gemstones) (2,835 item + 83 artikel)