Batu Tanzanite – Asal, Jenis, dan Perawatannya

Gambar Batu Tanzanite 01Artikel dibawah ini membahas tentang asal, jenis, dan perawatan batu Tanzanite. Jika Anda ingin mengetahui kisaran harga batu ini, Anda bisa melihatnya disini: Harga Batu Tanzanite

Batu Tanzanite adalah batu permata berwarna biru sampai violet (ungu muda) yang merupakan anggota dari kelompok mineral Zoisite. Tanzanite ini pertama kali ditemukan pada tahun 1967 oleh Ali Juuyawatu dari suku Masai di perbukitan Northern Tanzania, yang hingga kini masih merupakan satu-satunya sumber penambangan Tanzanite. Nama “Tanzanite” diberikan oleh Tiffany & Co yang mempromosikan batu permata ini, sehingga popularitasnya meroket di dunia batu permata.

Batu Tanzanite memiliki efek Pleochroic, yang berarti bisa menunjukkan warna yang berbeda tergantung pada sudut pengamatannya. Untuk mendapatkan warna biru atau ungu-biru yang disukai, batu permata ini harus dipotong dengan sudut yang tepat. Warna biru Tanzanite yang jelas dan menyala bisa menyaingi warna batu Sapphire (Safir) sehingga menjadikan Tanzanite sangat diminati. Warna atraktif ini sangat dicari sehingga Tanzanite sering kali melalui proses treatment pemanasan untuk meningkatkan warna biru dan ungunya dan meminimalkan atau bahkan menghilangkan warna kecoklatannya yang kurang diminati.

Gambar Batu Tanzanite 02

Cara Mengidentifikasi dan Mengenali Batu Tanzanite:

Batu Tanzanite memiliki rumus kimia (Ca2Al3(SiO4)(Si2O7)O(OH)) + (Cr,Sr). Cara terbaik untuk mengidentifikasikannya adalah dengan melihat indeks biasnya yang sekitar 1,691 sampai 1,700 dan densitas atau berat jenisnya yang mencapai 3,35. Sistem kristalnya yang Orthorhombic (memiliki tiga sumbu yang tidak sama di sudut kanannya) juga bisa membantu membedakannya dengan beberapa batu permata yang sama, seperti Amethyst (Kecubung Ungu). Tanzanite memiliki Cleavage (kecenderungan kristal untuk pecah terbelah mengikuti struktur kristalnya) yang sempurna dengan patahan atau retakan yang tidak rata.

Warna batu Tanzanite berkisar mulai dari biru laut sampai dengan biru seperti batu Safir (Sapphire). Batu ini juga bisa berwarna ungu muda biru. Di bawah sorot cahaya buatan, batu ini mungkin terlihat lebih berwarna violet (ungu muda). Fenomena Pleochroism atau Pleochroic, yaitu warnanya terlihat berbeda ketika diamati dari sudut yang berbeda, terutama dengan cahaya terpolarisasi pada Tanzanite bisa memunculkan warna biru atau ungu. Batu Tanzanite akan memiliki saturasi warna yang lebih tinggi pada batu yang memiliki berat lebih dari 5 karat. Warna yang paling diinginkan adalah warna biru atau ungu-biru yang lebih jenuh.

Ketika membeli batu permata Tanzanite, batu yang jernih ketika dilihat dengan mata itulah yang harus dicari. Batu Tanzanite memiliki kemilau seperti kaca yang menarik. Inklusi yang terlihat oleh mata akan menurunkan nilai batu ini, kecuali pada batu Tanzanite yang memiliki efek mata kucing (Chatoyancy atau Cat’s Eye) yang sangat langka.

Batu Tanzanite biasanya melalui proses treatment pemanasan untuk meningkatkan warna biru dan ungu mudanya. Kebanyakan kristal kasar menunjukkan warna yang sebagian besarnya adalah kuning kecoklatan, yang akan menghilang ketika dipanaskan pada suhu 752-932° F (400-500° C). Semua pedagang batu permata terkemuka pasti akan menyatakan adanya proses treatment ini pada batu tersebut jika ada.

Sebagai anggota dari kelompok mineral Zoisite, batu Tanzanite sangat terkait dengan Thulite dan Anyolite (yang juga dikenal sebagai Ruby-Zoisite). Thulite adalah varietas dari Zoisite yang berwarna merah muda dan tidak tembus cahaya yang kaya akan Mangan yang namanya berasal dari nama pulau legendaris, Thule. Anyolite adalah batu Zoisite hijau tidak tembus cahaya yang memiliki inklusi hornblende hitam. Nama Anyolite berasal dari bahasa Massai untuk warna hijau.

Batu Tanzanite juga bisa salah dikenali sebagai batu permata lainnya terutama yang memiliki warna sama, seperti Amethyst (Kecubung Ungu), Iolite, Sapphire (Safir), dan Spinel.

Gambar Batu Tanzanite 03

Lokasi Penambangan Batu Tanzanite:

Batu Tanzanite hanya ditemukan di satu tempat saja di bumi; Tanzania, Afrika Timur. Satu-satunya deposit yang diketahui terletak pada lima mil persegi di puncak bukit Merelani Hills dekat Ausha, sepuluh mil di sebelah selatan dari Bandara Internasional Kilimanjaro di Tanzania.

Penggunaannya Sebagai Perhiasan:

Batu Tanzanite memiliki nilai kekerasan yang relatif baik yaitu 6,5 sampai 7 skala Mohs. Namun, karena memiliki Cleavage (kecenderungan kristal untuk pecah terbelah mengikuti struktur kristalnya) yang sempurna, batu Tanzanite harus dipakai dengan hati-hati. Seperti halnya Diamond (Berlian) dan Topaz, satu pukulan keras bisa menyebabkan batu Tanzanite terbelah. Oleh karena itu, harus dilakukan perhatian ekstra ketika mengatur, memoles, atau memotong batu ini. Batu permata Tanzanite bisa dijumpai pada cincin, anting-anting, liontin kalung, gelang, dan bros. Berbagai perhiasan tradisional dan potongan facet mewah juga sering digunakan dalam desain perhiasan. Potongan yang halus tanpa facet juga bisa dibentuk menjadi perhiasan manik-manik Tanzanite yang indah. Batu permata Tanzanite juga bisa diukir. Model potongan cabochon kadang-kadang digunakan untuk desain bertema suku atau tribal. Warna hidup Tanzanite ini membuatnya ideal untuk dijadikan sebagai perhiasan batu permata.

Perawatan Batu Tanzanite:

Karena batu Tanzanite memiliki Cleavage (kecenderungan kristal untuk pecah terbelah mengikuti struktur kristalnya) yang sempurna, batu permata Tanzanite dan perhiasannya harus dilindungi dari benturan keras, yang dapat menyebabkan kerusakan. Oleh karena itu, batu Tanzanite harus dipakai dalam desain yang sifatnya melindungi batu tesebut, seperti dengan pengaturan bezel, dan tidak dikenakan secara terus menerus sehari-hari. Batu permata Tanzanite dan perhiasannya tidak boleh terkena paparan panas yang ekstrim atau perubahan suhu yang tiba-tiba. Selain itu, batu Tanzanite tidak boleh terkena asam.

Hindari penggunaan pembersih ultrasonik dan pembersih uap (Steam Cleaner). Cara terbaik untuk membersihkan batu permata Tanzanite adalah dengan menggunakan air sabun dan kain yang lembut. Pastikan untuk membilas dengan bersih untuk menghilangkan sisa-sisa residu sabun. Selalu lepas perhiasan sebelum berolahraga, melakukan pekerjaan rumah tangga, atau ketika melakukan aktifitas yang berat lainnya. Simpan perhiasan permata Tanzanite berjauhan dari batu permata lainnya untuk menghindari terjadinya gesekan dan goresan. Cara terbaik menyimpannya adalah dengan membungkusnya menggunakan kain yang lembut atau letakkan di dalam kotak perhiasan yang berlapis kain.

Privacy - Contact - GIA (Gemological Institute of America)
Kami tidak menerima jual/beli batu permata, kami hanya menyediakan referensi kisaran harga saja
© 2015-2016 HargaBatu.com - Daftar Harga Aneka Macam Jenis Batu Mulia/Permata/Akik (Gemstones) (2,835 item + 83 artikel)