Batu Tsavorite Garnet – Asal, Jenis, dan Perawatannya

Gambar Batu Tsavorite Garnet 01Artikel dibawah ini membahas tentang asal, jenis, dan perawatan batu Tsavorite Garnet. Jika Anda ingin mengetahui kisaran harga batu ini, Anda bisa melihatnya disini: Harga Batu Tsavorite Garnet

Batu Tsavorite Garnet adalah permata berwarna hijau varian dari Grossular Garnet yang terdiri dari calcium aluminium silicate. Warna hijaunya yang intens adalah karena adanya jejak Vanadium atau Chromium. Rona warna inilah yang sering kali menyebabkan batu Tsavorite Garnet keliru dikenali sebagai Emerald (Zamrud). Nama “Tsavorite” berasal dari nama tempat di mana ia pertama kali ditemukan; Tsavo National Park di Tanzania di perbatasan Kenya dan Tanzania. Sampai saat ini, hanya di daerah inilah satu-satunya sumber batu Tsavorite Garnet di dunia.

Batu Tsavorite Garnet ditemukan pada tahun 1967 oleh gemologist asal Skotlandia, Campbell Bridges, ketika ia sedang berjalan di Tanzania. Bridges diserang oleh kerbau dan menghindari hewan tersebut dengan menyelam ke dalam selokan. Melihat di sekelilingnya, dia melihat beberapa batu berkilau kehijauan di bawah sinar matahari. Kemudian, Bridges dan Tiffany & Co memperkenalkan Tsavorite Garnet kepada dunia. Sayangnya, Campbell Bridges dibunuh oleh massa di Kenya pada bulan Agustus 2009 pada usia 71 tahun. Pembunuhan ini diyakini karena adanya sengketa pertambangan.

Gambar Batu Tsavorite Garnet 02

Cara Mengidentifikasi dan Mengenali Batu Tsavorite Garnet:

Tsavorite Garnet memiliki formula kimia Ca3Al2Si3O12. Garnet bisa diidentifikasi melalui kekerasannya (6,5 sampai 7,5 skala Mohs), warna, dan struktur kristal kubiknya. Namun, cara tercepat untuk mengidentifikasi Tsavorite Garnet adalah dengan menggunakan magnet Neodymium yang kuat. Garnet akan tertarik magnet Neodymium karena mengandung konsentrasi tinggi dari besi dan atau Mangan. Grossular Garnet dan Pyrope Garnet adalah yang paling kurang magnetik dari kelompok Garnet, sehingga bisa membantu membedakan Tsavorite Garnet dengan Demantoid Garnet yang lebih magnetik. Selain itu, indeks bias (1,734 sampai 1,759) dari Tsavorite Garnet juga bisa membantu membedakannya dari Garnet lain dan juga batu permata jenis lainnya.

Warna batu Tsavorite Garnet berkisar mulai dari hijau cerah kekuningan sampai hijau tua atau hijau kebiruan. Warna yang paling diinginkan adalah warna yang intens, hijau yang sangat jenuh, atau sedikit kebiruan dan sedikit hijau tua. Karena warna hijaunya yang intens, Tsavorite Garnet kadang-kadang juga sering keliru dikenali sebagai Demantoid Garnet, Emerald (Zamrud), dan Tourmaline.

Batu Tsavorite Garnet bisa buram sampai transparan tembus cahaya dengan kemilau seperti kaca. Batu ini memiliki indeks bias tinggi, yang membuatnya memiliki tingkat kecemerlangan yang baik. Batu permata Tsavorite Garnet yang bagus harus jernih, tidak ada inklusi yang dapat dilihat dengan mata.

Batu yang buram dan Translucent (tembus cahaya tapi tidak transparan) umumnya dipotong cabochon dan bahan yang transparan umumnya dipotong facet. Karena batu Tsavorite Garnet jarang ditemukan dalam ukuran besar, bentuk potongan yang bisa mempertahankan beratnya lebih disukai oleh Lapidarists (orang yang bertugas memotong permata).

Batu Tsavorite Garnet biasanya tidak melalui proses treatment atau ditingkatkan dengan cara apapun.

Sebagai anggota dari keluarga Garnet, batu Tsavorite Garnet berkaitan dengan Garnet lainnya seperti Spessartite Garnet, Andradite Garnet (Melanite, Demantoid, dan Topazolite), Almandine Garnet, Pyrope Garnet (Rhodolite), dan Uvarovite Garnet. Karena Tsavorite Garnet adalah jenis Grossularite, batu ini sangat berkaitan erat dengan Grossular Garnet lainnya (Hydrogrossular, Hessonite, dan Leuco Garnet).

Gambar Batu Tsavorite Garnet 03

Lokasi Penambangan Batu Tsavorite Garnet:

Deposit batu Tsavorite garnet hanya ditemukan di Afrika, di perbatasan Kenya dan Tanzania.

Penggunaannya Sebagai Perhiasan:

Batu Tsavorite Garnet memiliki tingkat kecemerlangan yang baik dan memiliki kemilau seperti kaca, sehingga ketika diatur dengan logam mulia berwarna putih atau kuning, hasilnya bisa fantastis. Tsavorite Garnet juga bisa dipadukan dengan batu permata berwarna lainnya seperti perhiasan gelang dari Dior “Dentelle Opale d’Orient”. Tsavorite Garnet biasanya sering terlihat dipadukan dengan Diamond (Berlian) atau batu permata putih bening lainnya seperti Safir putih atau Topaz putih.

Perawatan Batu Tsavorite Garnet:

Lindungi Tsavorite Garnet dari terkena pukulan keras yang bisa merusaknya. Untuk membersihkan Tsavorite Garnet, cukup gunakan air hangat, sabun biasa, dan kain yang lembut. Pastikan untuk membilas dengan bersih untuk menghilangkan sisa-sisa residu sabun. Seperti kebanyakan batu permata lainnya, hindari penggunaan pembersih ultrasonik dan pembersih uap (Steam Cleaner).

Selalu lepas perhiasan permata sebelum berolahraga, melakukan pekerjaan rumah tangga, atau ketika melakukan aktivitas berat lainnya. Simpan Tsavorite Garnet berjauhan dari batu permata lainnya untuk menghindari terjadinya gesekan dan goresan. Cara terbaik menyimpannya adalah dengan membungkusnya menggunakan kain yang lembut atau letakkan di dalam kotak perhiasan yang berlapis kain.

Privacy - Contact - GIA (Gemological Institute of America)
Kami tidak menerima jual/beli batu permata, kami hanya menyediakan referensi kisaran harga saja
© 2015-2016 HargaBatu.com - Daftar Harga Aneka Macam Jenis Batu Mulia/Permata/Akik (Gemstones) (2,835 item + 83 artikel)