Batu Variscite – Asal, Jenis, dan Perawatannya

Gambar Batu Variscite 01Artikel dibawah ini membahas tentang asal, jenis, dan perawatan batu Variscite. Jika Anda ingin mengetahui kisaran harga batu ini, Anda bisa melihatnya disini: Harga Batu Variscite

Batu Variscite dianggap sebagai salah satu batu permata kolektor yang langka dan kurang begitu dikenal yang ada saat ini. Penampilannya sering menyebabkan keliru dikenali sebagai batu Turquoise (Pirus), tapi warna Variscite cenderung lebih hijau daripada biru. Dalam beberapa kasus, batu ini mungkin dipasarkan sebagai “Variquoise”, nama gabungan dari Variscite dan Turquoise. Batu ini adalah mineral Hydrated Aluminum Phosphate yang relatif jarang, dan deposit yang berkualitas permata jauh lebih langka lagi; karena hanya bahan berkualitas tertinggi saja yang digunakan sebagai permata dan hiasan batu ukir. Jika dipoles, batu Variscite terlihat yang sangat baik, bahkan kemilaunya lebih baik daripada Turquoise. Batu ini terkenal karena nuansa hijaunya yang berbeda, yang disebabkan oleh adanya jejak Chromium, meskipun sebenarnya warnanya bisa berkisar mulai dari hijau kebiruan sampai hijau tua dan kadang-kadang ada yang berwarna merah. Batu Variscite kadang-kadang diperdagangkan sebagai “Utahlite”, nama dagang yang merujuk pada Utah, Amerika Serikat, tempat dimana Variscite ditambang.

Nama Variscite berasal dari “Variscia”, nama historis dari distrik Vogtland di Saxony, Jerman. Batu ini pertama kali ditemukan dan dideskripsikan pada tahun 1837, ketika ditemukan dalam jumlah besar dalam bentuk agregat halus; bentuk kristalnya sangat jarang. Meskipun semua Variscite berharga bagi para kolektor, Variscite yang berwarna hijau Zamrud (Emerald) dari Utah dan Variscite yang memiliki pola jaring laba-laba hitam dari Nevada adalah bahan yang paling diinginkan.

Gambar Batu Variscite 02

Cara Mengidentifikasi dan Mengenali Batu Variscite:

Variscite adalah Hydrated Aluminum Phosphate, memiliki formula kimia AlPO4·2H2O. Batu ini memiliki kekerasan 4,5 skala Mohs, yang membuatnya sedikit lebih lunak daripada Batu Pirus (Turquoise). Memiliki densitas 2,42 sampai 2,58 dan indeks bias 1,563 sampai 1,594. Variscite bisa dikenali melalui kecenderungan rapuhnya, warna dan polanya yang mencolok. Warna batu Variscite biasanya lebih hijau daripada batu Pirus. Selain itu, gemologists juga dapat dengan mudah membedakan Variscite dengan Turquoise oleh adanya jejak tembaga; Turquoise mengandung tembaga, sedangkan Variscite tidak. Bila dibandingkan dengan batu permata lainnya yang tampilannya serupa (misalnya Chrysocolla), kemilau Variscite jauh lebih indah seperti kaca dan juga jauh lebih lunak.

Batu Variscite terkenal karena warna hijaunya yang menarik. Warna hijau bisa berkisar mulai dari hijau muda pucat sampai hijau seperti batu Zamrud (Emerald), dan mulai dari hijau apel sampai hijau kebiruan. Warna solid hijau Mint dengan sedikit tembus cahaya adalah batu yang paling diinginkan. Kebanyakan batu Variscite adalah berwarna-warni, menunjukkan bercak-bercak dan berpola vena atau pembuluh darah hitam atau putih. Warna hijaunya berasal dari jejak Chromium. Batu Variscite juga bisa ditemukan dalam warna lain, seperti ungu, oranye, merah muda, merah, coklat, atau kuning. Jika batu mengandung lebih sedikit besi daripada aluminium dalam komposisinya, warnanya akan lebih kemerahan atau ungu muda (violet). Jika kandungan besinya lebih banyak, warnanya akan menjadi lebih kecoklatan.

Batu Variscite biasanya buram tidak tembus cahaya, tetapi beberapa batu mungkin akan sedikit tembus cahaya di sekitar tepiannya; dan sangat jarang yang benar-benar transparan. Variscite sering dipotong bersama dengan yang batuan matriks induknya, sehingga terlihat berpola unik. Kebanyakan Variscite akan menunjukkan inklusi urat hitam atau putih atau jaring laba-laba karena adanya kandungan fosfat seperti Crandallite. Bercak berwarna-warni dianggap normal dan polanya bervariasi tergantung pada konsentrasi mineral seperti besi, aluminium, dan Chromium. Ketika dipoles, batu Variscite memiliki kemilau seperti berlilin atau berkilau seperti kaca, mirip dengan permata Quartz (Kuarsa).

Batu Variscite sebenarnya batu permata untuk para kolektor dan tidak sering dipotong untuk perhiasan. Batu ini biasanya dipotong model cabochon polos karena ideal untuk menampilkan warna dan polanya yang menarik. Batu Variscite sering tersedia dalam ukuran yang sangat besar. Bentuk-bentuk potongan yang paling populer antara lain oval, seperti buah pir, kotak, dan bulat. Variscite juga terkadang dijual sebagai bongkahan, manik-manik, dipotong berbentuk bebas, atau berupa ukiran hias.

Batu Variscite biasanya tidak melalui proses treatment apapun untuk meningkatkan kualitasnya, tetap dibiarkan alami. Jika dipanaskan (treatment Heated), warna batu Variscite cenderung berubah menjadi biru lavender, tapi hal ini sangat tidak umum dilakukan.

Utahlite atau Utahlite Matrix adalah sinonim populer yang digunakan sebagai nama dagang untuk batu Variscite yang berasal dari Utah. Nama dagang lainnya yang menyesatkan yang biasanya berdasarkan nama daerah atau berbasis lokalitas antara lain Utah Turquoise, Nevada Turquoise, Australian Turquoise, Australian Nephrite, dan Australian Jade. Variscite juga terkadang ditemukan tumbuh bersama Chalcedony atau Quartz; batu-batu spesial seperti ini diperdagangkan dengan nama “Amatrix”, kependekan dari American Matrix.

Gambar Batu Variscite 03

Lokasi Penambangan Batu Variscite:

Batu Variscite bisa ditemukan di berbagai lokasi di seluruh dunia. Batu ini biasanya ditemukan berbentuk bulat dan jarang ditemukan dalam bentuk kristal. Saat ini, deposit Variscite yang paling signifikan berasal dari Utah, United States, yang karenanya mengapa Variscite kadang-kadang disebut sebagai “Utahlite”. Sumber Variscite penting lainnya juga ada di Arkansas dan Nevada (United States), Australia (Queensland), Germany, France, Poland, Russia, Spain, Sweden, dan Brazil.

Penggunaannya Sebagai Perhiasan:

Batu Variscite tidak sering digunakan untuk perhiasan, karena relatif tidak begitu dikenal oleh banyak orang. Batu ini merupakan batu kolektor karena kelangkaan dan kurangnya popularitas. Meskipun sangat jarang Anda akan menemukan di toko-toko perhiasan lokal, desainer perhiasan biasanya ada yang menciptakan desain yang sangat atraktif dengan Variscite, terutama menggunakan beberapa bahan yang berpola sangat unik dari Amerika Serikat. Setiap desain perhiasan yang biasa digunakan untuk batu Turquoise (Pirus) umumnya juga cocok untuk Variscite.

Harga batu ini juga dianggap lebih terjangkau dan tidak seperti Turquoise, Variscite tersedia dalam ukuran yang sangat besar (bisa 20 karat atau lebih), sehingga ideal untuk fashion perhiasan yang bergaya “berani”. Penggunaan pada cincin sebenarnya tidak dianjurkan karena sifat lunaknya, tapi masih bisa dikenakan asal diperlakukan dengan hati-hati. Desain lainnya seperti liontin, pin, bros, dan anting-anting dianggap terbaik dan paling aman untuk Variscite. Variscite biasanya dipotong cabochon, tetapi bisa juga dipotong dan dilubangi untuk manik-manik. Beberapa bahan bisa diukir menjadi objek hias. Dengan kemilau indahnya, Variscite bisa menjadi perhiasan yang sangat memikat.

Perawatan Batu Variscite:

Batu Variscite tergolong permata yang lunak dan rapuh, terutama bila dibandingkan dengan batu permata perhiasan pada umumnya, seperti Quartz (Kuarsa) atau Topaz. Sehingga, ketika memakai perhiasan Variscite, harus diperlakukan secara hati-hati untuk mencegah terjadinya goresan. Satu pukulan keras bisa merusak batu. Saat membersihkan Variscite, hindari penggunaan pembersih berbahan kimia keras. Anda bisa mengusap permukaan batu menggunakan kain yang lembut dan air sabun biasa. Pastikan membilas dengan bersih untuk menghilangkan sisa-sisa residu sabun. Hindari penggunaan pembersih ultrasonik dan pembersih uap (Steam Cleaner). Jangan terlalu lama terkena paparan panas yang kuat karena bisa merusak warna batu secara permanen.

Selalu lepas perhiasan permata Variscite sebelum terlibat dalam kegiatan fisik yang berat seperti melakukan pekerjaan rumah tangga dan berolahraga. Simpan perhiasan Variscite terpisah dengan permata dan perhiasan lainnya. Cara terbaik menyimpannya adalah dengan cara membungkusnya menggunakan kain yang lembut atau letakkan di dalam kotak perhiasan yang berlapis kain.

Privacy - Contact - GIA (Gemological Institute of America)
Kami tidak menerima jual/beli batu permata, kami hanya menyediakan referensi kisaran harga saja
© 2015-2016 HargaBatu.com - Daftar Harga Aneka Macam Jenis Batu Mulia/Permata/Akik (Gemstones) (2,835 item + 83 artikel)