Batu Zamrud (Emerald) Chatam, Sintetis/Imitasi Bukan Natural

Pernahkan Anda mendengar nama batu Zamrud Chatam, Ruby Chatam, Sapphire Chatam? Jika Anda sering berlalu lalang di dunia batu permata atau akik pasti sering mendengar kata tersebut. Chatam sebenarnya bukanlah nama lokasi atau nama varian batu permata, tapi merupakan nama orang yang membuatnya, atau setidaknya nama orang yang menemukan metode pembuatannya. Ya, benar pembuatannya, karena batu Zamrud Chatam, Ruby Chatam, Sapphire Chatam sebenarnya bukanlah batu permata alami natural buatan alam, tapi merupakan batu sintetis buatan laboratorium. Penasaran? berikut ini sedikit penjelasannya.

Batu Safir (Sapphire) dan Merah Delima (Ruby) sintetis pertama kali diproduksi dalam jumlah yang besar pada tahun 1907, menggunakan metode Flame Fusion (atau Verneuil Process) yang dikembangkan oleh ahli kimia dari Perancis, Verneuil. Namun, metode ini tidak dapat digunakan untuk menghasilkan Zamrud (Emerald) sintetis. Butuh waktu 30 tahun sebelum akhirnya sukses secara komersial mensintesis Zamrud (Emerald), yang diciptakan oleh seorang ahli kimia dari Amerika, Carroll Chatham.
Carroll Chatham
Chatham adalah seorang ahli kimia yang brilian yang terus mengembangkan minatnya pada batu permata sintetis sejak usia dini. Saat remaja, ia mencoba untuk membuat Berlian (Diamond) sintetis di laboratorium garasinya, dengan cara melarutkan Graphite dalam besi cair. Ketika ia mencoba untuk melakukan proses pendinginan cepat dengan cara merendamnya di dalam tong nitrogen cair, terjadi ledakan dahsyat yang sampai menghancurkan jendela rumah tetangganya di sekitar lingkungan San Francisco.

Setelah didesak oleh ayahnya dan polisi San Francisco untuk beralih fokus pada sesuatu yang lain, ia malah mengalihkan perhatiannya untuk menciptakan kristal Zamrud (Emerald). Pada tahun 1930, ia telah berhasil “menumbuhkan” kristal Beryl putih bening, dan kemudian pada tahun 1935 ia juga “menumbuhkan” Zamrud (Emerald) untuk pertama kalinya, yang kini dipamerkan di Smithsonian Institution berupa kristal 1 karat.

Alasan mengapa metode Verneuil tidak bisa bekerja untuk membuat Zamrud (Emerald) adalah karena Zamrud adalah Aluminum Beryllium Silicate yang warnanya berasal dari Chromium, dan sangatlah sulit untuk mencairkan semua elemen komponen bersama-sama – bahkan beberapa elemen menguap terlebih dahulu sebelum yang lainnya meleleh. Kunci dari proses Chatham adalah adanya pelarut khusus yang disebut Flux; kombinasi bahan kimia seperti Lithium Oxide, Molybendum Oxide, dan Vanadium Oxide yang bisa tetap bertahan cair pada suhu tinggi. Resep rahasia Flux Chatham ini memecahkan masalah bagaimana untuk bisa mencairkan semua komponen dalam waktu yang bersamaan. Dia meletakkan benih kristal kecil dalam Flux panas sebagai dasar untuk pertumbuhan kristal baru. Proses ini bisa memakan waktu hingga satu tahun untuk menumbuhkan kristal, hingga menghasilkan batu permata yang berharga.

Batu Zamrud (Emerald) sintetis yang dibuat oleh Chatham ini sedikit lebih unggul daripada batu alami. Karena Zamrud (Emerald) alami cenderung memiliki banyak inklusi dan patahan-patahan, batu tersebut bukanlah batu yang tahan lama meskipun memiliki tingkat kekerasan yang sangat baik pada 8 skala Mohs. Batu Zamrud (Emerald) Chatham tidak memiliki cacat seperti yang dimiliki oleh Zamrud (Emerald) alami.

Chatham bukan hanya seorang ilmuwan brilian tapi juga seorang pengusaha yang cerdik. Dia membangun sebuah perusahaan untuk menjual Zamrud (Emerald) sintetis buatannya, dan ia juga mengembangkan teknologi untuk membuat batu Merah Delima (Ruby), Alexandrite, dan Safir (Sapphire) biru dan oranye. Chatham meninggal pada tahun 1983 dan anaknya meneruskan bisnisnya sejak saat itu. Hanya beberapa tahun setelah kematian Chatham, perusahaan akhirnya mewujudkan mimpinya, yaitu menciptakan Berlian (Diamond) di laboratorium.

Privacy - Contact - GIA (Gemological Institute of America)
Kami tidak menerima jual/beli batu permata, kami hanya menyediakan referensi kisaran harga saja
© 2015-2016 HargaBatu.com - Daftar Harga Aneka Macam Jenis Batu Mulia/Permata/Akik (Gemstones) (2,835 item + 83 artikel)