Jenis Batu Permata Paling Langka Di Dunia

Batu mulia, permata, atau akik ada sangat banyak jenisnya. Dari jenis yang paling populer saja kita mungkin sudah susah menghafalnya, apalagi dari jenis yang kurang begitu dikenal di pasaran. Dari masing-masing jenisnya sendiri ada varian yang paling langka. Jika semua jenis permata langka digabungkan, manakah yang paling langka di muka bumi ini? inilah yang akan kita bahas disini.

Beberapa mineral ada yang sangat langka yang hanya segelintir spesimen saja yang diketahui ada. Beberapa dari mineral yang sangat langka ini, misalnya seperti Painite, bahkan telah ditemukan dalam spesimen berkualitas permata. Begitu juga dalam perdagangan permata internasional, batu permata yang paling langka adalah batu yang paling berharga tinggi (meskipun tidak selalu berlaku demikian untuk jenis permata tertentu).

Berdasarkan kriteria ini, Berlian (Diamond) dengan warna tertentu adalah termasuk batu permata yang paling langka di dunia, khususnya Berlian alami yang berwarna jelas, merah muda, biru, kuning, atau hijau. Di antara Berlian berwarna, yang paling langka dari semuanya adalah Berlian yang berwarna merah atau Red Diamond. Bahkan mungkin hanya ada sekitar 20 sampai 30 Berlian merah saja yang diketahui ada di dunia, dan kebanyakan beratnya hanya kurang dari setengah karat.
Permata Berlian Langka - Hancock Red DiamondPada tahun 1980, harga lelang tertinggi adalah $127.000 per karat untuk Berlian berwarna merah muda 7,27 karat. Rekor tersebut pecah pada tahun 1987 oleh Berlian merah berkualitas tinggi 0,95 karat (Hancock Red). Berlian tersebut terjual lebih dari $926.000 per karatnya!

Berlian Hancock Red dijual oleh ahli warisnya dari Amerika, Warren Hancock, seorang kolektor Berlian dan peternak dari Montana. Hancock membeli semua Berliannya dengan harga eceran dari toko perhiasan lokal, dan ia telah dilaporkan membayar sebesar $13.500 untuk 0,95 karat Berlian merahnya pada tahun 1956. Peristiwa ini merupakan salah satu bukti keberhasilan investasi batu permata terbesar abad ini.

Rekor harga baru terjadi lagi pada bulan November 2007 di pelelangan Christie, Jenewa. Sebuah cincin yang mengandung 2,26 karat Berlian merah-keunguan yang langka terjual dengan harga $2.600.000; sekitar $1.150.000 per karatnya.
Permata Berlian Langka - Moussaieff Red DiamondBerlian merah terbesar yang pernah dinilai oleh Gemological Institute of America (GIA) adalah 5,11 karat (Moussaieff Red Diamond). Batu ini adalah Berlian dengan bentuk potongan segitiga yang dinilai sebagai Fancy Red oleh GIA. Berlian ini dilaporkan ditemukan oleh seorang petani dari Brazil pada pertengahan tahun 1990-an sebagai batu kasar dengan berat sekitar 11 karat. Berlian ini dibeli dan dipotong oleh William Goldberg Diamond Corp. Batu tersebut saat ini dimiliki oleh Moussaieff Jewellers Ltd, harga pembeliannya dikabarkan melonjak menjadi sekitar $8 juta.

Berlian berwarna lainnya, seperti Berlian biru diwarnai oleh jejak Boron, dan Berlian kuning diwarnai oleh adanya jejak Nitrogen. Namun, Berlian merah dan merah muda tidak diwarnai oleh adanya jejak kimia, warnanya berasal dari adanya “cacat kecil” dalam kisi kristalnya.

Privacy - Contact - GIA (Gemological Institute of America)
Kami tidak menerima jual/beli batu permata, kami hanya menyediakan referensi kisaran harga saja
© 2015-2016 HargaBatu.com - Daftar Harga Aneka Macam Jenis Batu Mulia/Permata/Akik (Gemstones) (2,835 item + 83 artikel)