Padparadscha Sapphire, Jenis Batu Safir Yang Paling Langka

Batu Safir (Sapphire) yang paling langka dengan warna yang paling berharga disebut Padparadscha. Nama ini berasal dari bahasa Sinhala yang artinya Bunga Teratai atau Bunga Seroja.
Gambar Batu Permata Padparadscha Sapphire
Para ahli sebenarnya tidak setuju pada warna Padparadscha jika dikaitkan dengan Bunga Teratai. Karena warna batu Safir Padparadscha sebenarnya adalah Pinkish Orange atau oranye kemerah-mudaan.
Gambar Bunga Teratai Atau Seroja (Lotus)
Jika kita melihat pada bunga teratai merah muda (lihat gambar diatas), bunganya adalah sangat jelas berwarna merah muda, sama sekali tidak ada warna oranyenya, kecuali benang sarinya (malah terlihat lebih kuning daripada oranye). Sehingga warna bunga teratai sama sekali tidak sama dengan warna Safir Padparadscha yang dimaksud.
Gambar Bongkahan Batu Safir Padparadscha
Konsensus terbaik yang bisa ditemukan pada literatur Gemology adalah bahwa Safir Padparadscha harus menampilkan warna oranye dan merah muda dengan baik, dengan nada pastel. Tidak ada kesepakatan tentang apakah warna oranye atau merah muda yang harus mendominasi. Dari sekian banyak permata Safir Padparadscha, banyak yang terlihat merah muda atau oranye seluruhnya.

Batu Safir Padparadscha natural tanpa treatment sangat langka dan bisa terjual dengan harga $5.000 per karatnya. Anda pasti sangat jarang menemukannya. Yang lebih umum di pasaran adalah batu Safir merah muda atau oranye yang telah di-treatment dengan Beryllium untuk menyerupai warna Padparadscha natural. Batu Safir yang melalui treatment seperti ini biasanya warnanya terlihat terlalu jenuh atau nadanya terlalu gelap jika dibandingkan dengan warna Padparadscha yang asli natural.

Jika Anda benar-benar menyukai warna Padparadscha, mungkin lebih mudah untuk menemukannya pada batu Tourmaline daripada di Safir. Banyak sekali batu Tourmaline merah muda yang memiliki sentuhan warna halus oranye dan kuning dengan nada pastel yang menyerupai Padparadscha.

Privacy - Contact - GIA (Gemological Institute of America)
Kami tidak menerima jual/beli batu permata, kami hanya menyediakan referensi kisaran harga saja
© 2015-2016 HargaBatu.com - Daftar Harga Aneka Macam Jenis Batu Mulia/Permata/Akik (Gemstones) (2,835 item + 83 artikel)